Pages

Monday, May 30, 2011

U-know oops i mean U-kom aka Ukom-_-

Good evening yorobun! Masih pada melek gak? Wih kayak gue dong gabisa tidur /plak

as usual,saya terserang rasa bosan yg amat sangat skrg. Tp males jg mau ngapa2in sebenernya~ Capek~

Jadi saya mampi kesini deh cyinnn (?)

Eh iya,hari selasa nanti gue udah mulai ukom loh kawan!
Tau ukom gak? Taugak? Ha? TAU APA ENGGA NIH?? *ganyante* /kicked

Oke,gue jelasin sedikit deh. Ukom itu kepanjangan dr Uji Kompetensi. Jd yaaa you know kan yak kalo gue anak hitam putih (baca:smk) nah tiap sebelum uas itu pasti ada yg namanya Ukom,ya semacam ujian praktek gitulah.

Praktek apa? Pasti pada bingung. Yakan? Ngaku?
Prakteknya itu ya tergantung dari jurusan yg kita ambil. Contohnya gue yg ambil jurusan Jasa Boga, buat kelas dua ini Ukom gue kebagi dua hari.
Hari pertama itu, Service.
Service itu pelajaran kayak gimana kita ngelayanin tamu yg baik sama gimana jd bartender yg bener. Nah di kelas dua gue ini materi service yg bakal di Ukomin itu,

Pertama, Provide Room Service. Di materi ini kita disuruh gmn caranya ngehandle pesanan tamu melalu telfon dgn bahasa yg sudah pasti kudu wajib harus sopan. Gak cuma rumpa rumpi sama tamunya lewat telfonya,tp juga sampe gmn kita nyiapin peralatan apa yg dibutuhkan buat makanan yg udah dipesen,nganter ke kamarnya pake tray yg oh-wow bgt beratnya terus serving dikamar tamu dan minta duitnya~ but this isnt the end! Gue msh harus balik lg ke kamar si tamu buat minta no hapenya.. Oh salah deng maksutnya buat ngambil clear upannya. Fiuh~ keliatanya gampang ya? Tp groginya ituloooh bok!
Kedua, Presentation how to make a mocktail.
Nah kalo ini lumayan asik,jadi kita disuruh bikin resep mocktail sendiri dan dipraktekin dari mulai ngejelasin bahan apa aja yg dipake, gimana cara dan proses buatnya sampe kita sajiin didepan tamu.
Yaaa... Kalo bahasa gampangnya sih, jadi FarahQueen sehari. Yegak? Hahaha.

Terus hari keduanya itu, Product.
Product itu nama lain dari pelajaran masak, jd di materi ini kita dituntut buat bisa masak makanan yg menggunakan metode2 masak tertentu dgn waktu yg ditentukan juga.
Untuk di kelas dua,masakan yg gue pelajarin itu Indonesian food *kalo gasalah gue udah pernah cerita jg deh*
jadi makanan yg hrs gue masak buat ukom nanti itu,
Nasi kuning
Ayam bakar bumbu rujak
Urap
Soto ayam

ga cuma masak gitu doang,tapi kita dinilai jg dari segi penampilan masakan itu. Jd kita harus bikin buffet elevation buat nge display makanan22 yg udah kita buat.

Dan you know gak? Gue kebagian hari Selasa-Rabu. Selasanya itu gue product. PRODUCT KAWAN. Degdegaaan bgt ini.
Rabunya baru service.

Aish molla deh-.- pokoknya mudah22an gue lancar dalem ngadepin Ukom ya.. Amin yaAllah...

SELURUH BOGA TIGA 57'12 UKOM TANGGAL 31 MEI-01 JUNI 2011 BERJALAN LANCAR. SEMUA LULUS TANPA REASES. AMIN YA ALLAH.

No comments:

Post a Comment